
Viral! UT KPop Extravaganza Guncang Purwokerto: Penonton Serbu Kampus Baru Universitas Terbuka!
Purwokerto, 6 Juli 2025 — Suasana meriah dan penuh semangat menyelimuti Gedung Baru Universitas Terbuka (UT) Purwokerto pada Minggu pagi, saat ratusan pengunjung memadati acara UT KPop Extravaganza — sebuah ajang kreativitas yang memadukan tren budaya pop Korea dengan strategi branding kampus yang inovatif.
Menggandeng komunitas KPop terbesar di wilayah Banyumas, Popmi (Pop Mania Indonesia), UT Purwokerto menyelenggarakan berbagai rangkaian acara seperti kompetisi dance cover (dengan 15 peserta solo dan 21 grup), random play dance, karaoke noraebang, flashmob, hingga bazar UMKM yang turut diisi oleh tenant skincare, fashion thrift, hingga booth cek kesehatan gratis.
Dalam sambutannya, Direktur UT Purwokerto, Dr. Prasetyarti Utami, S.Si., M.Si., menegaskan bahwa acara ini merupakan bagian dari rangkaian peresmian Gedung Baru UT Purwokerto sekaligus menjadi wadah ekspresi kreativitas generasi muda, terutama siswa-siswi SMA dan sederajat.
“Kami ingin menunjukkan bahwa UT tidak hanya fokus pada pembelajaran jarak jauh, tetapi juga adaptif terhadap tren generasi muda. UT KPop Extravaganza ini menjadi bukti bahwa kami terbuka, kreatif, dan relevan,” ujarnya.
Dr. Prasetyarti juga memperkenalkan Universitas Terbuka sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) yang telah sejajar dengan kampus-kampus ternama lainnya di Indonesia. Ia memaparkan berbagai keunggulan UT, mulai dari sistem pembelajaran fleksibel, akreditasi unggul, hingga jejaring alumni yang tersebar di seluruh dunia.
Antusiasme peserta dan penonton terlihat dari awal hingga akhir acara. Sorak sorai dan semangat anak muda tak henti-hentinya membanjiri gedung kampus, yang kini resmi menjadi simbol baru semangat transformasi UT Purwokerto.
Dengan mengintegrasikan budaya populer dan strategi promosi kampus, acara ini berhasil menciptakan pengalaman tak terlupakan sekaligus memperkuat brand awareness UT di kalangan Gen Z dan Milenial.