UT Purwokerto menjalin kerjasama dengan SMPN 7 dan Taman Dewasa Kebumen

Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi c.q Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti menugaskan kepada Universitas Terbuka (UT) agar memperkuat jaringan kerja sama dengan instansi-instansi (perguruan tinggi, kementrian, perguruan tinggi kedinasan) yang akan menyelenggarakan program berbasis teknologi informasi, sebagai upaya akselerasi peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi dan upaya memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat, baik program gelar maupun non gelar.

Menjalin kerjasama dengan mitra baik dari tokoh masyarakat maupun lembaga yang peduli kepada UT, termasuk untuk penyediaan beasiswa atau bantuan studi bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke UT .

Kegiatan kerjasama dengan lembaga pendidikan tinggi, atau instansi lain dapat berupa, pemanfaatan sumber daya manusia, pemanfaatan sarana dan prasarana, misalkan tempat untuk tutorial, Ujian Akhir Semester (UAS), tempat praktik maupun praktikum agar lebih berhasil dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan yang semua itu bertujuan untuk meningkatkan angka partisipasi mahasiswa melalui berbagai ide kreatif, sistematis dan inovatif dalam bidang layanan.

Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) yang merupakan kepanjangan tangan UT harus melakukan kegiatan kerjasama dengan instansi lain secara terus menerus demi tercapainya peningkatan angka partisipasi masyrarakat. UPBJJ Purwokerto telah menjalin kerjasama dengan SMP N 7 Kebumen, dan SMP taman Dewasa Kebumen. Kesepakatan ini diharapkan dapat menguntungkan kedua belah pihak.